Sosialisasi Modul Presensi Dosen oleh Mahasiswa

Modul Presensi Dosen oleh Mahasiswa adalah salah satu fitur dari Aplikasi SISAK (Sistem informasi Akademik) akan diberlakukan mulai semester genap tahun akademik 2017/2018, manfaat modul ini diantaranya membangun peran serta aktif mahasiswa dalam membangun motivasi peran serta mahasiswa dan dosen dalam proses pembelajaran.

Waktu pelaksanaan sosialisasi di laksanakan pada tanggal 27 Februari 2018, peserta sosialisasi diikuti oleh perwakilan mahasiswa dan admin jurusan/program studi yang dibagi 2 (dua) sesi kelas pagi dan kelas sore, pelaksanaan kegiatan ini di laksanakan di Graha Gedung Pendidikan .

Presensi Dosen dilakukan oleh mahasiswa diwakilkan oleh perangkat kelas dalam hal ini oleh Ketua Kelas atau perwakilan dari perangkat kelas yang lain jika ketua kelas berhalangan hadir. Bagaimana caranya ketua kelas melakukannnya, tentunya harus ada peran dari Administrasi Jurusan/Program Studi.

Administrasi Jurusan/Program Studi wajib mendatakan ketua kelas/perwakilannya ke dalam sistem sisak terbih dahulu, kemudian sistem secara otomatis akan menerbitkan username dan password (default), kemudian disampaikan kepada ketua kelas, kemudian ketua kelas wajib mengganti password tersebut.

Setelah itu mahasiswa kemudian melakukan presensi dosen yang akan mengajar Mata kuliah di kelas oleh mahasiswa sesuai dengan jadwal yang sudah di jadwalkan oleh admin jurusan/program studi.

Adapun presensi yang dapat dilakukan mahasiswa antara memberi keterangan terhadap dosen terkait status kehadiran diantaranya, ijin, alpa, Hadir dan dosen pengganti jika dosen tersebut berhalangan hadir.